Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, DJP Gandeng Konsultan Pajak (IKPI)

Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan bersama Ketua Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Mochamad Subakir bersalaman usai menanda tangani perjanjian kerja sama di kantor IKPI, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2018). Melalui kerja sama ini, IKPI dipastikan jadi mitra DJP dalam memaksimalkan penerimaan perpajakan.(KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, DJP Gandeng Konsultan Pajak”, https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/28/170600426/tingkatkan-kesadaran-masyarakat-djp-gandeng-konsultan-pajak.
Penulis : Andri Donnal Putera
Editor : Erlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menandatangani kerja sama dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dalam rangka memaksimalkan sosialisasi mengenai perpajakan terhadap masyarakat luas. Tujuan sosialisasi itu tidak lain adalah untuk meningkatkan penerimaan perpajakan serta membangun kesadaran di kalangan para wajib pajak (WP). “Kerja sama ini juga untuk meningkatkan peran konsultan pajak dalam hal kepatuhan masyarakat serta peningkatan aktivitas organisasi profesi para konsultan pajak,” kata Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan di kantor IKPI pusat, Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (28/2/2018). Dalam perjanjian kerja sama ini, disepakati sejumlah poin, yaitu penyediaan narasumber pendidikan formal perpajakan, sosialisasi ketentuan perundang-undangannya, pemberian layanan informasi hingga bimbingan perpajakan, serta membentuk program bersama mendorong kepatuhan sukarela masyarakat.

Cara yang dapat ditempuh antara lain mengadakan forum komunikasi hingga pertemuan rutin yang melibatkan DJP dan IKPI. “Pertemuan rutin itu juga untuk koordinasi, evaluasi, dan menyamakan persepsi dalam implementasi aturan perpajakan,” tutur Robert. Secara garis besar, dengan perjanjian tersebut, maka konsultan pajak dipastikan menjadi mitra DJP untuk memaksimalkan penerimaan pajak tiap tahunnya. Ketua IKPI Mochamad Subakir menyambut baik kerja sama ini, dan menjamin akan mendukung poin-poin perjanjian dengan DJP, utamanya mendorong masyarakat lebih sadar pajak.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/28/170600426/tingkatkan-kesadaran-masyarakat-djp-gandeng-konsultan-pajak.

LEAVE REPLY

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *